Senin, 21 Desember 2009

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF INTERNET BAGI KEJIWAAN

Apakah betul internet bisa berpengaruh pada kejiwaan kita,kata para ahli di bidang psikiater sih iya contohnya kata seorang psikiater dan asisten profesor di bidang psikiatri dari New York University mengatakan bahwa gangguan jiwa pun mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Gangguan kejiwaan yang dinamakan truman show delusion pada 2006 itulah yang disebabkan oleh teknologi tersebut. Gejalanya, penderita berpikir bahwa setiap gerakannya direkam dan akan ditayangkan dalam acara reality show. Jenis gangguan jiwa lain yang khas dialami oleh penduduk dunia modern adalah perasaan selalu dibayangi oleh “mata-mata” dari dunia maya yang berasal dari komputer atau Blackberry. Para ahli menyebutnya sebagai “delusi internet“.

Meski kedengarannya mustahil, seperti dilansir oleh harian New York Post, di Inggris dan Amerika sana, dua jenis gangguan kejiwaan ini kian banyak ditemukan.Semoga kita para bloger mania tidak mengalami penyakit seperti itu, selalu lah bersikap realistis dan optimis dalam mengadapai tantangan hidup di jaman serba teknologi seperti sekarang ini insya Allah kita tidak akan terserang oleh penyakit tersebut.

Menurut saya selain internet dapat berpengaruh terhadap kejiwaan kita juga internet mempunyai dampak positif terhadap kemajuan kita seperti :

  1. Internet dapat digunakan sebagai media mencari informasi atau data baik lokal atau pun internasional.
  2. Internet merupakan sebuah media untuk pertukaran data,informasi (melalui email).
  3. Internet bisa menjadikan kekeluargaan semakin dekat dengan adanya komunitas jejaring seperti facebook,twiter dll.
  4. Internet dapat memudahkan kita bertransaksi dan berbisnis dengan menggunakan internet banking,pembelian tiket onlline,rservasi hotel dll.
  5. Internet dapat menghemat waktu dalam artian efisiensi waktu dan biaya untuk mencari kerja,melamar kerja bahkan bisa menjadi media iklan usaha kita.
  6. Bahkan untuk bloger seperti kita ini internet bisa menjadi media penyaluran bakat dengan menulis online atau membuat artikel sehingga manfaatnya bisa kita rasakan bersama.
Sebenarnya masih banyak kegunaan internet atau segi psoitifnya tinggal bagaimana kita bisa menggunakan media internet itu secara baik dan benar,dikatakan positif bila kita menggunakannya secara benar dan bisa dikatakan negatif bila kita menggunakannya secara salah atau ngawur dan tidak terkontrol.
Dengan mencermati dampak positif dan negatif internet semoga kita bisa merubah penilaian kita terhadap keberadaan internet selama ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar