Rabu, 25 November 2009

SOPAN SANTUN DAN MANFAATNYA

SOPAN SANTUN

Menurut saya sopan santun adalah suatu perilaku (etika) yang mencerminkan sikap seseorang atau diri sendiri terhadap orang lain dengan tujuan menghormati orang lain dalam bersikap. Orang-orang yang memiliki sopan santun, berarti ia mempunyai etika dan tahu bagaimana cara menempatkan dirinya di berbagai kehidupan. Sopan santun sangat diperlukan dalam berinteraksi dan bergaul dengan berbagai macam orang dengan segala karakternya, agar terdapat keselarasan dalam berperilaku.

DIMANA SAJA ? CONTOHNYA ?


Sopan santun bisa dilakukan di mana saja dan di waktu apa saja, karena sopan santun adalah perwujudan cara kita bersikap.
Contoh :
Di jalanan, bila sedang melewati orang yang sedang duduk/nongkrong, kita wajib bilang permisi. Karena itu bentuk sopan santun kita dalam berperilaku di lingkungan.
Di keluarga (di rumah), Menghormati orang yang lebih tua, seperti kakak, adik dan orang tua. Dengan tidak bicara keras-keras terhadap mereka. Memanggil orang yang lebih tua dengan sebutan kakak atau abang.
Di kampus, berpakaian yang tertutup atau yang pantas jika di kampus. Gak perlu mewah, tetapi sopan ( rapih ).
Ini semua hanya sebagian contohnya, tidak hanya di situ saja, masih banyak lagi bahkan dimanapun tempat kita harus bersikap sopan santun seperti di kantor, dengan tetangga, karena dengan sopan santun kita bisa membangun tali persaudaraan.

MANFAAT SOPAN SANTUN BAGI DIRI SENDIRI DAN ORANG LAIN

Manfaat sopan santun bagi diri sendiri adalah dapat menjaga nilai-nilai persaudaraan. Membuat kita merasa nyaman dan aman kemana pun dan di manapun kita berada, karena kita selalu menerapkan sopan santun dalam bersikap.

Manfaat sopan santun bagi orang lain adalah menghormati dan menghargai keberadaanya (orang lain). Menjaga nilai-nilai pesaudaraan antara sesama manusia.

4 komentar:

  1. Wah...blognya keren juga nih....kamu anak gundar yah ? blog kamu udah di daftarin lomba blog bulanan di Gunadarma ? kalo belum, cepetan daftar di Studentsite. Syaratnya gampang ko, coba kamu cek di TULISAN INI untuk informasi lebih lanjut. Silahkan gunakan Yahoo Pingbox yang ada pada sebelah kanan situs tersebut untuk bertanya hal - hal seputar blog.

    Follow Back yach.. ;)

    BAPSI

    BalasHapus
  2. ahh masa?
    makasih yaa...
    iya dari gunadarma,kami sendiri dari gunadarma yah?

    wah boleh juga tuh...
    nanti dicoba dah...

    BalasHapus
  3. gis,
    gimana mengaplikasikan sopan santun saat ber-sms dengan orang yang kasar dan kata2nya menyakitkan bahkan merendahkan kita?

    sopan itu bisa dilakukan diberbagai tempat kan? nah maka dari itu kira2 bagaimana jika permaslahnnya seperti yang td f jabarin ..

    maksih sebelumnya ..

    BalasHapus
  4. kalau menurut gw sih f dibales dengan baik dulu, mungkin dengan menanyakan apa maksud dia sms seperti itu, dengan didahulukan kata minta maaf. kalau sudah tau permasalahannya kita wajib mendahulukan untuk berbicara baik2. dan kalau sudah tidak bisa di bicarakan dengan baik, mendingan sudahi atau tidak perlu dibalas karena bisa memancing emosi kita untuk berkata kasar jg.

    thanx yaa...

    BalasHapus